Friday, April 12, 2013

Kekuatan Teknologi Komputer, Grafika, Internet & Disain Grafis

Untuk berhasil dalam membangun bisnis anda harus terus berusaha untuk mewujudkan impian-impian anda. Coba dan mencoba tiada henti sehingga akhirnya bisa berjalan walau tertatih-tatih pada awalnya.

Kekuatan untuk bekerja mandiri
Rasa senang terhadap pekerjaan yang dilakukan dapat menjadi kekuatan dan menambah motivasi untuk bekerja mandiri.
Keberanian untuk mengambil resiko
Saat memulai usaha, harus berani menghadapi resiko yang mungkin terjadi antara lain : resiko keuangan, resiko kehilangan pekerjaan, kegagalan , tatangan dari teman keluarga, pasangan.
Satu perkataan Thomas Alfa Edison yang terkenal :
Keberhasilan adalah = 1% Ide dan 99% Kerja Keras
Ide memang jumlahnya hanya satu persen namun merupakan hal yang muncul lebih awal dan menjadi pembuka untuk perjuangan selanjutnya.
Dalam tulisan ini saya akan membuka mata dan hati anda dan memberikan ide yang satu persen itu untuk mendorong anda menemukan ide-ide lainnya yang akan menjadi pijakan anda untuk meningkatkan diri dimasa depan.
Setelah menyelesaikan membaca,anda akan memperoleh : informasi & ide Bagaimana Bisnis Percetakan Dibangun dengan kekuatan Teknologi Grafika, Komputer & Internet secara sinergi sehingga dapat dijadikan sumber laba anda.
Bukan sekedar teori atau ungkapan verbalisme yang saya uraikan, tetapi anda akan menemukan bagaimana pengalaman pribadi saya sendiri berjuang membangun Bisnis Percetakan sejak tahun 1989, Dari Komputer, mesin & alat sablon seadanya menjadi Percetakan Komplit Full color yang akhirnya mampu melayani Customer maupun Agen percetakan secara “One Stop Service”
Infomasi dan pengalaman seperti saya mungkin banyak dimiliki oleh pengusaha percetakan, tetapi sedikit sekali yang mau berbagi ilmu dan pengetahuan mereka untuk saudara yang ingin mencari peluang usaha.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDUKUNG GRAFIKA ——–àKOMPUTER
Pada tahap awal perkembangan komputer masuk di dalam dunia grafika hanya sampai pada tahap setting untuk menghasilkan huruf-huruf saja.
Untuk menggabungkan photo, gambar grafis dan lainnya dilaksanakan secara manual yang sebelumnya photo-photo tersebut diproses dengan sistem optik atau photografis dengan Camera Film vertikal atau enlarger (Gambar a : workflow plan 1).
gb1
Perkembangan berikutnya komputer telah mampu memadukan publikasi, gambar grafis & foto secara digital pada layar monitor. Bahkan komputer telah mampu untuk editing gambar. Pada tahap ini hasil rancangan yang sudah menjadi kesatuan yang utuh tadi di out put ke film, selanjutnya film tersebut diproses secara konvensional menjadi plate kemudian dicetak dengan mesin cetak konvensional (Gambar b : workflow plan 2).
gb2
Perkembangan komputer yang paling mutakhir saat ini telah mampu dan dimanfaatkan untuk mencetak publikasi yang telah menjadi kesatuan utuh dengan gambar grafis & foto yang telah di editing dan diberi efek sesuai disain yang dikehendaki, ke dalam mesin cetak digital (Computer to Print) yang kemudian dikenal dengan Digital Printing. Hasil cetak 95% sama hasilnya dengan kalau dicetak konvensional (Gambar c : Workflow plan 3).