Sunday, June 2, 2013

Cara Menghubungkan PC ke TV HDMI

-Menghubungkan PC Anda ke jack HDMI di televisi memungkinkan Anda untuk melihat isi komputer Anda pada layar TV yang jauh lebih besar tajam. Anda juga dapat memanfaatkan koneksi internet broadband PC Anda untuk menonton streaming film dan acara TV di layar besar Anda.
Cara Menghubungkan PC ke TV HDMI
Berikut Cara Menghubungkan PC ke TV HDMI
  1. Matikan komputer Anda dan periksa bagian belakang CPU. Lihat kabel yang terpasang ke output dari VGA Card, yang berupa 15-pin VGA port atau 29-pin port DVI. Jika Anda beruntung, akan ada port kedua langsung di sebelah itu, baik dari tipe DVI atau VGA. Pada komputer terbaru, Anda bahkan mungkin menemukan port HDMI.
  2. Pilih koneksi untuk video output. Jika komputer Anda memiliki port HDMI, Anda dapat menghubungkannya dengan kabel HDMI antara komputer dan TV. Jika tidak, Anda perlu mengambil beberapa keputusan. Jika komputer Anda hanya memiliki output video (VGA) tunggal dan tidak akan digunakan semata-mata untuk televisi, Anda mungkin harus merogoh kocek untuk menbeli kartu video baru. Beli salah satu aja, terserah mau DVI atau HDMI output, dan memasangnya di slot yang tersedia pada komputer Anda. Jika output port yang Anda pilih adalah DVI, berarti anda juga harus mempunyai kabel DVI to HDMI untuk dapat mengkonversi output komputer Anda ke input HDMI TV Anda. Jika Anda berniat untuk menggunakan output VGA pada kartu video yang mempunyai output-tunggal atau dual-output untuk dikonversi ke tampilan HDMI, maka dibutuhkan perangkat khusus untuk mengkonversi antara output video (VGA) pada komputer anda ke TV HDMI. Karena harga konverter hampir sama dengan kartu video, mungkin Anda akan memilih membeli kartu video baru karena lebih mudah untuk dihubungkan dengan TV HDMI Anda.
  3. Sambungkan kabel HDMI dari televisi Anda ke komputer Anda. Pastikan anda memasang kartu video atau converter dengan benar pada komputer Anda. Kecuali komputer Anda memiliki output HDMI, yang harus diperhatikan adalah kabel juga harus terhubung dari output kartu suara ke kabel video HDMI, karena HDMI membawa sinyal video dan audio.
  4. Nyalakan PC Anda, lalu konfigurasi tampilan baru dengan memilih "Control Panel" dari Start menu. Double click  icon "Display" dan klik "Settings" tab. Pada pengaturan resolusi atur secara manual untuk mendukung resolusi layar TV HDMI Anda, begitu juga dengan refresh rate, klik tombol "Advanced" untuk mengatur refresh rate. Jika Anda menggunakan TV HDMI sebagai monitor kedua, Anda juga harus mengkonfigurasi bagaimana ia digunakan oleh Windows, sesuai dengan petunjuk pada kartu video Anda. Kebanyakan kartu video menawarkan dual mode display "LCD+Monitor", di mana kedua layar menampilkan konten yang sama. Bisa juga digunakan bergantian, yang memungkinkan setiap monitor untuk beroperasi secara independen.
  5. Reboot PC Anda untuk menerapkan perubahan.
Setelah mengikuti beberapa Cara Menghubungkan PC ke TV HDMI, sekarang anda bisa menonton konten pada komputer anda, di TV HDMI layar lebar.

No comments: