Monday, December 30, 2013

2013 Era Sepi Dunia Ring Tinju


2013 Era Sepi Dunia Ring Tinju

 Ring tinju nasional dan dunia tak seriuh seperti era 1960-80-an silam. Namun demikian masih ada beberapa peristiwa olahraga adu jotos itu yang layak disimak. Di antaranya juara kelas berat dunia asal Ukraina Vladimir Klitschko yang sukses mempertahankan gelarnya.
Pertarungan tinju di kelas super welter WBC dan WBA sempat menarik perhatian dunia. Sang juara Lloyd Mayweather asal Amerika Serikat mencatatkan rekor bayaran terbesar dalam sejarah
tinju. Pada pertarungannya 14 September 2013, Mayweather dibayar US$ 41,5 juta. Pantaslah, Mayweather dijuluki Lloyd 'Money' Mayweather.
Jagoan kelas welter WBO asal Filipina Manny Pacquiao juga mempertahankan gelarnya menjelang rencana gantung sarung tinju.
Petinju kebanggaan Indonesia Chris John gagal mempertahankan gelarnya dalam pertarungan yang digelar di Perth, Australia 6 Desember 2013. Chris John kalah TKO dari petinju asal Afrika Selatan Simpiwe Vetyeka.
Tahun ini diwarnai dengan tragedi di sekitar ring tinju lokal di Tanah Air. Tragedi itu terjadi 14 Juli silam di Nabire. Menurut pihak kepolisian, 17 orang tewas terinjak-injak saat terjadi kericuhan di sekitar ring tinju.
Selain tragedi, tahun 2013 ini juga diwarnai dengan berita duka meninggalnya legenda tinju kelas berat dunia Ken Norton dalam usia 70 tahun, Kamis 19 September. Inilah catatan peristiwa menonjol seputar ring tinju sepanjang 2013
by liputan 6.com